membuat pizza dengan hanya menggunakan wajan teflon

gambar asal comot

Beberapa waktu lalu istri saya membeli tepung istimewa harganya dua puluh tujuh rebu kalo ga salah, katanya sih ini tepung khusus buat bikin pizza di wajan teflon ga usah pake oven. wow. hatiku bergumam... masa sih. saya lihat ternyata itu tepung di bungkus kertas kado ya mungkin beraatnya setengah kiloan lah... di dalemnya ada kertas kecil dilipat pas saya buka ternyata itu kertas petunjuk cara penggunaan tepung tersebut. eh ada lagi yang keluar dari bungkusan kertas kado itu ..... sebuah plastik zipper kecil isinya daun oregano kering . ya kita akan bikin pzza kata istri saya penuh semangat.
tepung pizza
tepung pizza dibungkus kertas kado

tapi sayang nya di dalem bungkusan kertas kado itu ga menyertakan daging, keju, paprika , bawang, nanas dan lain sebagainya.... kita harus beli sendiri ..... ngik
baiklah akhirnya saya paksakan beli sekadarnya, saya pergi ke warung beli sosis murah itu, keju paling murah, bawang bombay satu biji, kebetuan kalo saus tomat sudah ada di rumah ... ya tidak perlu bahan bahan yang lain cukup itu saja...... maklum lah keluarga kita keluarga yang bersahaja... wakwaw
eh ternyata harus tambah kuning telur 2 biji, ya udah saya balik lagi ke warung beli telur seperempat kalo beli cuuman dua tengsin aja keleus. tepung itu saya awurin ke baskom tambah kuning telur 2 biji awas jangan ada putihnya katanya, terus tambah minyak sayur 2 sendok makan... lau tambahkan air sedikit sedikit sampai adonan kalis.......
ga usah tambah ragi karena kalo saya cium baunya sih itu tepung udah dicampur ragi dari sononya.
simpan adonan kira kira sejam setengah tutup pake apa gitu biar ga terbuka
baca dulu al Baqoroh sampai Ali Imran........ nah udah beres ...adonannya mesti udah mengembang apalagi kalo baca qur'annya lama beut.   itu adonan dibagi 2, 3 atau 4 tergantung mau kita. tapi jangan terlalu tebel... ambil adonannya ratakan di wajan teflon sampai menutupi semuanya dengan rata.... oh iya teflonnya ga usah dikasi apa apa.... ga usah di kasi mentega ... ga usah dikasi minyak .... cukup teflon polos kering saja.....
terus kalo adonan udah rata di atas teflon tusuk tusuklah itu adonan pake garpu biar matengnya bagus lah..........
udah gitu barulah kita tambahkan topping sesuai selera kita...... tapi berhubung kita hanya pake teflon toppingnya jangan yang mentah ... kalo mau pake udang misalnya... maka udang itu harus di tumis dulu biar mateng.... tapi memang pada dasarnya kita itu keluarga yang bersahaja maka topping kita ga di masak dulu karena sudah siap makan.... ada sosis, ada bawang, ada keju ditambah saus yang udah dicampur oregano......stttt..... jadilah tuh adonan lengkap dengan toppingnya.
api kompornya yang paling kecil sekecil kecilnya ...... simpan wajan di atas api kecil itu ... dan tutup rapat jangan di buka buka sampe lima belas menit......
kalo udah lima belas menit aromanya udah kecium .... berasa bau pizza beneran....
iya ..... kalo udah mateng pizza bisa langsung lepas ga lengket meluncur langsung ke piring.... luar biasa
 dari penampakannya ini pizza memang rada rada aneh.... tapi pas kita coba emmmh rasanya ga kalah sama pizza pinggir jalan...... ngik
adonannya terasa kriuk kriuk gimana gitu, matang sempurna ..atasnya masih empuk dengan rasa dari topping yang sudah melebur kedalam adonan..... sungguh nikmat.. Alhamdulillah
kalo kita hitung hitung........ biaya kita bikin pizza ini lebih dari lima puluh ribu rupiah....... bagi kita itu  m a h a l  ....... maaf ya

ini penampakannya
pizza buatanku
inilah dia pizza


Posting Komentar